Proposal UKGMD

A. Latar Belakang

Usaha Kesehatan Masyarakat Desa Mandiri merupakan salah satu upaya

terobosan atau strategi untuk membantu masyarakat dalam menjangkau

pelayanan kesehatan gigi yang tidak terlaksana karena tuntutan masyarakat

tentang tindakan preventif lanjutan, waktu dan keadaan ekonomi serta dengan maksud

untuk memenuhi kebutuhan dan masalah yang ada di masyarakat dan mendekatkan

akses mutu pelayanan kesehatan serta mendorong masyarakat untuk melaksanakan

perawatan kesehatan gigi dalam pembangunan berwawasan kesehatan, mendorong

kemauan dalam mengatasi masalah kesehatan secara dini & mandiri, yang dikelola oleh tenaga

profesional kesehatan desa, diharapkan menjadi potensi awal untuk terlaksananya derajat

kesehatan yang optimal.

Masyarakat selama ini telah melaksanakan upaya preventif / pencegahan dengan menyikat gigi

secara teratur, waktu dan tehnik yang tepat serta diet  makanan yang merusak gigi,

namun masih terjadi masalah kesehatan gigi, penyakit gigi, gusi dan mulut.

Langkah apalagi yang harus dilakukan untuk upaya pencegahan gigi berlubang.

Seringkali masyarakat bertanya ” Adakah tindakan pencegahan gigi berlubang yang lain? ”.

Kemudian kami berusaha untuk menggali potensi yang ada yang merupakan kompetensi

kami yang jarang dilakukan dan jarang ditawarkan ke masyarakat. Specific Protection

adalah Perlindungan Khusus terhadap gigi sedini mungkin yaitu berupa tindakan

pencegahan yang dilakukan pada gigi tetap/permanent yang baru tumbuh,

untuk melindungi gigi dari kuman/bakteri yang merusak gigi.

B. Data Masalah

Masalah utama kesehatan di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan

Kota Tomohon antara lain :

1. Masih adanya kasus penyakit gigi yang sering ditemukan.

2. Keluhan masyarakat, telah melaksanakan upaya Preventif berupa :

a. Menyikat gigi secara teratur,waktu dan tehnik serta pemilihan sikat gigi yang dianjurkan.

b. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dianjurkan.

c. Menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan kerusakan gigi,

namun masih terjadi Masalah Kesehatan Gigi.

3. Tuntutan masyarakat untuk Tindakan Preventif Lanjutan yaitu tindakan

pencegahan gigi berlubang yang specific

4. Pelayanan yang  tersedia pada jam kerja yaitu pagi sampai siang dan pelayanan kesehatan

yang ada belum optimal.

5. Karena kesibukan masyarakat, memiliki waktu luang pada siang sampai malam.

6. Keadaan masyarakat ekonomi menengah yang kurang mampu untuk berkunjung

ke praktek partikelir dokter gigi, karena penyakit giginya dirasa belum parah.

Dan ” GRIYA PERAWATAN GIGI ” UKGMD mandiri adalah Poliklinik Kesehatan

yang mengadakan Tindakan non operatif yaitu Pelayanan Tindakan Preventif Lanjutan berupa :

1. Topical Aplikation                 : Perlindungan khusus pada gigi tetap/permanent

baru  tumbuh.

2. Scalling                                  : Pembersihan karang gigi penyebab radang gusi,

dan gigi goyang serta bau mulut.

3. Fissure sealant                        : Penambalan pada gigi yang terdapat cekungan

terlalu dalam sebagai retensi melekatnya sisa

makanan yang menjadikan potensi kerusakan gigi.

4. Surface Protection                  : Penambalan pada gigi permanent/tetap baru tumbuh

yang masih tertutup sebagian gusi sebagai retensi

melekatnya sisa makanan yang menjadikan potensi

kerusakan gigi.

5. Atraumatic Resort Protection : Penambalan tanpa menggunakan alat bur dengan

kasus indikasi.

6. Cetak Gigi Forensic                : Cetak identitas gigi untuk keperluan arsip pribadi

7. Test Saliva                              : Analisa keasaman air ludah sebagai indikator diet

makanan dan prilaku penyebab.

8. Preventif Dasar                       : Penyuluhan dan konsultasi tentang kesehatan gigi

9. Rujukan                                   : Merujuk kasus kompetensi dokter gigi ke Klinik,

Puskesmas, Praktek Dokter gigi dan Rumah Sakit.

Yang diharapkan Tindakan Preventif Lanjutan ini dapat mengurangi masalah yang ada di masyarakat,

dan mengurangi angka kesakitan dan tindakan kuratif, serta sebagai langkah awal dalam

derajat kesehatan gigi masyarakat,dan Tindakan Preventif Lanjutan dijadikan Program Pemerintah  \Pencegahan diutamakan daripada Pengobatan, yaitu Mencegah sebelum Sakit sebelum

Program Penambalan diutamakan daripada Pencabutan.

II. RUANG LINGKUP

A.  Organisasi dan Manajemen

1. Nama Usaha                : ” GRIYA PERAWATAN GIGI”

2. Nama Pemilik             : PPGI Kota Tomohon

3. Bidang Usaha              : Pelayanan Jasa/Perawatan gigi

4. Jumlah Karyawan       : 2 orang

B. Pemasaran

1. Produk yang dipasarkan

No 

 

Produk Perawatan Gigi 

 

Tindakan Perawatan 

 

Tarif 

 

Kunjungan 

 

1. Topikal Aplikasi Perlindungan Khusus 

Pencegahan Gigi Berlubang

Rp.  20.000,- 2 x
2. Scalling Pembersihan Karang Gigi Rp.  10.000,- 4 x 

 

3. Fissure Sealant Penambalan Cekungan 

Gigi yang Dalam

Rp.  20.000,- 1 x
4. Surface Protection Penambalan Gigi yang 

Baru Tumbuh

Rp.  20.000,- 1 x
5. Atraumatic Resort 

Treatment

Penambalan Tanpa Bur Rp.  20.000,- 1 x
6. Cetak Forensik Cetak Gigi Arsip Pribadi Rp.  20.000,- 1 x 

 

7. Test Saliva Analisa Keasaman Air 

Ludah

Rp.  20.000,- 1 x
8. Preventif Dasar Penyuluhan & Konsultasi Gratis – 

 

9. Rujukan Kasus Kompetensi Dokter 

Gigi

Gratis

2. Sasaran

Masyarakat daerah setempat dan lingkungan sekitarnya.

3. Wilayah Pemasaran

Wilayah daerah setempat  dan lingkungan sekitarnya

4. Strategi promosi

a. Melalui media Leaflet

b. Grand opening

c. Discount Tarif 20 persen

d. Motivasi di Posyandu, PKD dan sarana kesehatan yang lain

e. Informasi di UKGS

C. Keuangan

1.  Modal

1. Modal Patungan : 30.000.000,-

2. Modal Pinjaman : 20.000.000,-

3. Total Biaya         : 50.000.000,-

2. Biaya Proyek Investasi

1. Sewa Gedung : Rp.   2.000.000,-

2. Pengadaan Barang                         : Rp. 12.150.000,-

3. Pengadaan Alat             : Rp.   4.050.000,-

4. Pengadaan Bahan             : Rp.   2.309.000,-

5. Gaji Karyawan                                : Rp.  4.500.000,-

6. Investasi praoperasional             : Rp.   7.700.000,-

7. Lain-lain                                         : Rp.   1.000.000,-

Total         : Rp. 33.709.000,-

D. Gaji Karyawan

:

 

NO

 

JABATAN

 

JUMLAH

 

GAJI

 

JUMLAH

 

1. Pelindung 1 Rp.     1.000.000,- Rp.  1.000.000
2. Ketua 1 Rp.     1.000.000,- Rp.  1.000.000
3. Sekertaris 1 Rp.        500.000,- Rp.     500.000
4. Bendahara 1 Rp.        500.000,- Rp.     500.000
5. Perawat gigi 3 Rp.     1.500.000,- Rp.  1.500.000
JUMLAH Rp.  4.500.000

III. BIDANG ORGANISASI DAN MANAJEMEN

A. Umum

Nama Perusahaan   : ”GRIYA PERAWATAN GIGI”

UKGM Mandiri kel Lahendong

Nama Pemilik/Pimpinan perusahaan : PPGI Kota Tegal

Alamat Kantor dan tempat Usaha    : Jl.

Bentuk Badan Hukum    : Akta No. 15

Tahun Berdiri    : 2008

B. Bagan / Struktur Organisasi

C.    Perijinan

 

No

Jenis perizinan Biaya
1. Izin Prinsip  ( Dari Instans teknis ) Rp.   500.000,-
2. Situ ( Surat izin tempat usaha ) Rp.   500.000,-
3. SIUP ( Surat izin Usaha Perdagangan ) Rp.1.000.000,-
4. TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
5. NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
6. Akte pendirian Rp.    200.000,-
Jumlah RP. 2.200.000,-

D. Kegiatan Pra Operasional

No Jenis Kegiatan Pra Operasional JADWAL PELAKSANAAN 

( Bulan )

BIAYA 

OP

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1. Survei pasar Rp.    200.000
2. Menyusun rencana Rp.    200.000
3. Perizinan Rp. 2.200.000
4. Survei tempat Rp.    100.000
5. Survei peralatan Rp.    100.000
6. Instalasi air / listrik Rp. 2.000.000
7. Mencari tenaga kerja Rp.    100.000
8. Uji coba layanan Rp.    300.000
9. Oprasional Rp.    300.000
TOTAL  

Rp. 5.500.000

E. Inventaris Kantor

 

No

 

Nama Barang

 

Jumlah Unit Cost Total
 

1.

Lemari alat 1 buah Rp.   1.000.000 Rp.    1.000.000,-
 

2.

Dental unit 1 buah Rp. 10.000.000 Rp.  10.000.000,-
 

3.

Kursi Tunggu 2 buah Rp.      300.000 Rp.       300.000,-
 

4.

Kursi 6 buah Rp.        50.000 Rp.       300.000,-
 

5.

Meja 3 buah Rp.      250.000 Rp.       500.000,-
 

6.

Alat Kebersihan 2 set Rp.        15.000 Rp.         30.000,-
 

7.

Gelas 1 lusin Rp.        20.000 Rp.         20.000,-
Jumlah  

Rp.  12.150.000,-

 

F. Pengadaan Alat

 

No

Nama Alat Jumlah Unit Cost TOTAL
1. Diagnosa Set 6 set Rp.         50.000 Rp.       300.000,-
2, Scaller set 3 set Rp.       100.000 Rp.       300.000,-
3. Scaller Electric 1 buah Rp.    2.000.000 Rp.    2.000.000,-
4. Konservasi Set 2 set Rp.       500.000 Rp.    1.000.000,-
5. Thongue Holder set 2 set Rp.         50.000 Rp.       100.000,-
6. Nierbekken 6 buah Rp.         10.000 Rp.         60.000,-
7. Sendok Cetak 10 pasang Rp.           7.000 Rp.         70.000,-
8. Bowl & Spatula Gibs 2 set Rp.         10.000 Rp.         20.000,-
9. Alat Peraga 2 set Rp.       100.000 Rp.       200.000,-
JUMLAH  

Rp.    4.050.000,-

 

G. Pengadaan Bahan

 

No

Nama Bahan Jumlah Unit Cost TOTAL
1. Kapas 500 gr 3 bks Rp.   7.000,- Rp.    21.000,-
2, Kasa 10 pak 3 bks Rp.   7.000,- Rp.    21.000,-
3. Alkohol 1 ltr 2 btl Rp.  12.000,- Rp.    24.000,-
4. Betadine 500 ml 2 btl Rp.   15.000,- Rp.    30.000,-
5. Lisol 1 ltr 2 btl Rp.   15.000,- Rp.    30.000,-
6. Savlon 1ltr 2 btl Rp.   25.000,- Rp.    50.000,-
7. Sabun 3 lsn Rp.   25.000,- Rp.    75.000,-
8. Fuji IX 2 set Rp. 225.000,- Rp.   450.000,-
9. Fuji VII 2 set Rp. 250.000,- Rp.   500.000,-
10. Fluor Carril 6 btl Rp.   20.000,- Rp.   120.000,-
11. Saliva Test 6 set Rp.   20.000,- Rp.   120.000,-
12. Ocho 3 btl Rp.  87.000,- Rp.   174.000,-
13. Aquadest 3 btl Rp.  17.000,- Rp.     34.000,-
14. Handschoen 2 ktk Rp.  50.000,- Rp.   100.000,-
15. Masker 2 ktk Rp.   50.000,- Rp.   100.000,-
16. Alginet 2 bks Rp.   75.000,- Rp.   150.000,-
17. Gibs Stones 2 bks Rp.   25.000,- Rp.     50.000,-
18. Kartu Pasien 

 

100 lbr Rp. 100.000 Rp.   100.000,-
19. Alat Tulis Kantor 1 set Rp.   50.000 Rp.     50.000,-
20. Handuk Kecil 2 lsn Rp.   25.000 Rp.     50.000,-
21. Tissue 2 pak Rp.   40.000 Rp.     80.000,-
JUMLAH  

Rp. 2.309.000,-

 

H. Pendanaan

· Total Pembiayaan Proyek : Rp   33.879.000,-

· Modal sendiri : Rp   30.000.000,-

· Pinjaman yang diajukan : Rp   20.000.000,-

· Jangka waktu Pengembalian :  2 thn / bln

· Penghasilan per Tahun : Rp 104.366.000,-

· Keuntungan per Tahun : Rp   24.534.000,-

· Pengembalian atas Investasi : Rp.  23.900.000,-

· Titik Impas : 1 Tahun

I. Proyeksi Keuangan

PEMASUKAN PENGELUARAN
BLN KE- KEUNTUNGAN TIAP BULAN tahun 2009-2010 RATE SUCCESS TOTAL INVESTASI  Tiap Tahun JENIS PENGELUARAN JUMLAH PENGELUARAN KEUNTUNGAN BERSIH TIAP TAHUN
1 Rp   6.500.000,- 0.00% Pembelian bahan Rp       9.236.000,-
2 Rp   8.330.000,- 1.50% Biaya operasional Rp       1.200.000,-
3 Rp   8.660.000,- 1.50% Biaya listrik dan air Rp       3.600.000,-
4 Rp   8.000.000,- 1.50% Gaji karyawan Rp     54.000.000,-
5 Rp  10.340.000,- 1.50% Angsuran kredit Rp     11.796.000,-
6 Rp   9.700.000,- 1.50%
7 Rp   7.050.000,- 1.50%
8 Rp   8.410.000,- 1.50%
9 Rp   9.780.000,- 1.50%
10 Rp   9.150.000,- 1.50%
11 Rp   9.530.000,- 1.50%
12 Rp   8.910.000,- 1.50% Rp 104.366.000,- Rp   79.832.000,- Rp       24.534.000,-
13 Rp   8.300.000,- 1.50% Pembelian bahan Rp       9.236.000,-
14 Rp   7.690.000,- 1.50% Biaya operasional Rp       1.200.000,-
15 Rp    9.090.000,- 1.50% Biaya listrik dan air Rp       3.600,000,-
16 Rp   7.500.000,- 1.50% Gaji karyawan Rp     54.000.000,-
17 Rp   7.910.000,- 1.50% Angsuran kredit Rp     11.796.000,-
18 Rp   8.330.000,- 1.50%
19 Rp   8.760.000,- 1.50%
20 Rp   9.190.000,- 1.50%
21 Rp   9.630.000,- 1.50%
22 Rp  10.070.000,- 1.50%
23 Rp   9.520.000,- 1.50%
24 Rp  10.980.000,- 1.50% Rp 106.970.000,- Rp  79.832.000,- Rp    27.138.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN KOTOR Rp                211.336.000,- TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp   51.672.000,-

J. Perhitungan Rencana Pengembalian Kredit

1. Pinjaman

a. Bunga pinjaman :  8 % / Tahun

b. Besarnya kredit :  Rp.20.000.000,-

c. Lamanya angsuran :  2 tahun

2. Bunga

a. Bunga 2 Tahun  = 16 % X Rp. 20.000.000,-

=  Rp..3.200.000,-  :  24

=  Rp.    133.000,-

b. Pokok kredit      = Rp 20.000.000,- : 24 bulan

Rp.     850.000,-

c. Angsuran pengembalian kredit sebulan

=  Rp.  983.000,-

d. Pengembalian dalam kurun waktu setahun

=   Rp. 983.000 X  12  Bulan

=   Rp. 11.796.000,-

III. ASPEK PEMASARAN

A.  Gambaran umum

1. Jenis Produk yang di pasarkan  :  Preventif Lanjutan yaitu Tindakan

Perawatan Pencegahan Khusus Gigi

Berlubang

2. Cakupan pelayanan   : Masyarakat setempat dan lingkungan

sekitarnya

B. Strategi Pemasaran Pesaing

a. Mutu type pelayanan             :  Baik dan Memuaskan

b. Jenis Pelayanan                     :  Belum pernah ada pesaing

c. Harga                                    :  Terjangkau

d. Waktu                                    :  Sangat memungkinkan

e. Pemasaran                        :  Langsung

C. Strategi Pemasaran Perusahaan

a. Mutu type pelayanan            : Perawatan mencegah sebelum sakit

b. Jenis Pelayanan                    : -.Tindakan Perawatan berupaPerlindungan

Khusus mencegah karies gigi

-.Mencegah sebelum sakit

c. Harga                                  : Sesuai Tarif

d. Jalur Penjualan                      : Langsung

IV. ASPEK PRODUKSI

A.  Produk :

1. Ciri-ciri Produk                        : -. Preventif Lanjutan

-. Perlindungan Khusus mencegah karies

gigi

-. Perawatan bukan Pengobatan

-. Tehnik Modern

-. Inovasi Baru

2. Kegunaan Utama Produk         : -. Mencegah gigi berlubang, Mencegah

sebelum sakit

B. Proses  :

Skema / Bagan alur Proses :

Input                         Proses                           Output                       Kepuasan

H. Pengelolaan Limbah

1. Kualitas Limbah dan Penanggulanganyan

a.  Limbah cair disalurkan pada penampungan bawah tanah.

b.  Limbah plastik, tampon, kapas, kertas dibakar disekitar lokasi

c.  Limbah medis dikirim dimusnahkan di rumah sakit.

2.   Biaya pengendalian limbah per tahun

Limbah Medis

1 kg x 12 = 12 kg x Rp. 2.000,-

= Rp. 240.000,-

3.   Prosedur IPAL

a. Limbah Sputum dimasukan ke Sputum Bowl yang telah diberi

antiseptic/lisol agar kuman/bakteri langsung mati untuk

menghindari infeksi silang.

b. Limbah medis dikirim ke rumah sakit 1 bulan sekali

V. EVALUASI

A. Evaluasi jasa layanan

1.  Diusahakan dapat menarik perhatian publik

2.  Dapat memberikan waktu yang tepat

3.  Dapat memberikan jasa layanan sesuai komitmen.

4.  Melaksanakan Misi dan visi memberikan pelayanan maksimal sesuai

yang diharapkan untuk perjuangan terbentuknya usaha Tindakan

Preventif Lanjutan.

B. Evaluasi Pesaing

1.  Jarak antara jasa layanan yang sama cukup berjauhan

2.  Area tempat Klinik cukup strategis

C. Evaluasi lingkungan bisnis

1. Belum ada layanan Prima tentang Tindakan Preventif Lanjutan.

2. Budaya masyarakat cenderung memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan yang tersedia, murah, waktu senggang,dan terjangkau

3. Ekonomi masyarakat umumnya menengah kebawah

4. Penduduk sekitar dominan penduduk asli sehingga mudah untuk melaksanakan motivasi.

D. Identifikasi Informasi Lokasi

1. Sikap masyarakat terhadap jasa layanan kesehatan gigi mendapat

respon yang baik

2. Ekonomi lokal termasuk kuat.

3. Masyarakat berpendidikan tinggi, maju, modern

4. Masyarakat bermotivasi perawatan diri

VI. PENUTUP

A. Kesimpulan

” GRIYA PERAWATAN GIGI ” UKGM Mandiri adalah pelayanaan

kesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada Tindakan Preventif Lanjutan yaitu suatu tindakan non operatif yang dilaksanakan setelah masyarakat melaksanakan Kegiatan Preventif Dasar berupa :

a. Menyikat gigi secara teratur, tehnik dan waktu yang dianjurkan.

b. Mengkonsumsi makanan yang berguna untuk kesehatan gigi.

c. Menghindari konsumsi makanan yang merusak gigi.

Untuk menghindari/menghambat terjadinya kerusakan gigi lebih serius pada gigi sehat yang merupakan potensi awal untuk terjadinya kerusakan gigi dan penyakit pada sekitar gigi dan mulut yang mendukung kesehatan gigi serta data diri berupa identitas forensik gigi yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi dan modern.

B. Saran

” GRIYA PERAWATAN GIGI ” UKGM Mandiri diharapkan sebagai

langkah awal dan tindakan terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat, mengurangi angka kesakitan gigi. Dan diprogramkan oleh Pemerintah sebagai Pencegahan diutamakan daripada pengobatan, sebelum program penambalan diutamakan daripada pencabutan.

Demikian pengajuan proposal usaha “GRIYA PERAWATAN GIGI” UKGMD Mandiri, kami ajukan kepihak kantor KOPERASI Kota Tegal dan PT UNILEVER INDONESIA, untuk mendapatkan bantuan kredit lunak dan bantuan sarana untuk pembiayaan oprasional usaha kami, diharapkan dapat diterima dan direalisasikan.

About margaretaneang

mahasiswa
Gallery | This entry was posted in CATEGORIES and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s